Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Twitter dan Facebook, Centang Biru Instagram: Ini Bedanya, Termasuk Harga, Keunggulan, Semuanya

 

Twitter dan Facebook, Centang Biru Instagram: Ini Bedanya, Termasuk Harga, Keunggulan, Semuanya
Ilustrasi centang biru instagram vs tanda verifikasi twitter

Pengguna Facebook maupun Instagram dapat berlangganan layanan gabungan yang dikenal sebagai centang biru, atau Meta Verified. Meskipun Twitter dan Meta adalah bisnis terpisah yang dikendalikan oleh dua individu berbeda, konsep di balik layanan verifikasi berbayar mereka adalah serupa.

Mengikuti jejak Twitter, Meta juga meluncurkan alat verifikasi berbayar yang dimaksudkan untuk membantu pembuat konten dalam ‘membangun kehadiran mereka.’ Mark Zuckerberg, CEO (chief executive officer) atau pemegang jabatan tertinggi, memperkenalkan fitur tersebut melalui channell Instagram yang baru dibuka. Twitter Blue dan layanan Meta Verified mendatang sebanding dalam beberapa hal.

"Paket langganan baru yang mencakup verifikasi akun dengan perlindungan peniruan dan akses ke visibilitas dan bantuan yang lebih tinggi," adalah bagaimana Meta menjelaskan layanan berbayarnya.

Twitter Blue adalah penawaran paket yang mencakup lencana verifikasi Twitter. "Keikutsertaan, langganan premium yang menambahkan tanda centang berwarna biru ke akun dan memungkinkan akses lebih dini ke beberapa layanan, seperti Edit Tweet," merupakan cara perusahaan mendefinisikannya.

Perbandingan Fitur Meta, Twitter

Dengan pemantauan akun proaktif untuk peniru yang mungkin menargetkan orang-orang dengan audiens online yang sedang naik daun, Meta Verified memberikan tanda terverifikasi bersama dengan fitur keamanan lanjutan terhadap lencana. Selain itu, layanan memberikan peningkatan ketermunculan dan jangkauan di situs, akses langsung ke dukungan, dan akses kepada fitur premium. Semua layanan ini akan disediakan oleh Meta Verified di Facebook bahkan Instagram.

Twitter Blue memungkinkan berbagai keuntungan, menikmati fitur premium termasuk Edit tweet, ikon aplikasi yang dipersonalisasi, folder Bookmark, gambar profil NFT, navigasi tema, dan lainnya selain tanda centang biru untuk verifikasi. Lebih dari itu, pelanggan Twitter Blue akan memiliki akses ke tweet untuk menulis lebih panjang dan video berdurasi lebih dari sebelumnya bersamaan kualitas gambar lebih tinggi.

Twitter Biru memberikan tanda centang abu-abu untuk verifikasi resmi pemerintah, centang biru untuk umum, dan centang emas bagi merek bisnis. Perbedaan warna tanda centang belum dipublikasikan oleh Meta.

Harga Centang Biru Instagram, Twitter

Twitter Blue saat ini ditawarkan seharga ($8/bulan) atau $84/tahun di web dan Rp160.000 ($11/bulan dalam aplikasi di iOS atau Android). Langganan bulanan akan dikenakan biaya $11,99 di web dan $14,99 setara IDR 227.848 (kurs 15.200,00 Rupiah Indonesia per Dollar AS) di iOS dan Android, menurut Meta. Biaya beli tahunan resmi belum diumumkan oleh Meta.

Pengguna di Indonesia Bisa Membeli Fitur Centang Biru

Hanya ada dua negara tempat Meta Verified sekarang ditawarkan, yaitu di negara Australia dan New Zealand. Saat ini sedang diuji.

Di sisi lain, Twitter Blue kini memiliki audiens yang lebih besar. Hampir di setiap negara dapat membeli layanan tersebut, tak terkecuali Indonesia yang mana menjadi satu diantara negara-negara dunia yang bisa menikmati layanan berbayar centang biru Instagram. Yakni dengan cara membayar biaya bulanan atau tahunan.